5 Dampak Bahaya (Negatif) Mengkonsumsi Ikan Hiu Berlebihan

Diera zaman yang semakin berkembang seperti sekarang, Banyak dari teknologi, gaya hidup, kuliner yang sudah berubah dengan pesat.  Contohnya kuliner, sekarang sedang ramai ramainya atau gencar-gencarya kuliner ikan hiu….

Ikan yang dikenal dengan ikan predator, ikan besar dan ikan menyeramkan sekarang menjadi salah satu kuliner yang dikonsumsi oleh manusia. Mengkonsumsi ikan hiu memang sangat bagus untuk kesehatan tubuh, Namun perlu anda ketahui bahwa ikan hiu memiliki dampak negatif yang berbahaya.

Hal ini berdasarkan WHO atau badan penelitian kesehatan dunia menujukan bahwa ikan hiu termasuk salah satu jenis ikan dengan tingkat kadar merkuri dan logam berat yang paling tinggi. Bahkan, dalam penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa pada beberapa jenis ikan hiu, kandungan merkurinya melebihi batas dan sangat tinggi.

5 Efek Bahaya Makan Ikan Hiu yang Jarang Diketahui

Menimbulkan/ Menyebabkan Anak Autis

Kandungan logam berat seperti merkuri dalam ikan hiu dapat mempengaruhi otak bayi dan anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan.  Selain itu merkuri dapat menganggi kognitif, memori, daya ingat, kemempuan bahasa, motorik dan ketrampilan.

Untuk itu disarankan apabila ingin meningkatkan omega 3 pada janin anda dapat memberikan suplemen omega 3 yang sudah diolah. Jangan langsung mengkonsumsi daging ikan hiu.

Meningkatkan Radikal Bebas

Efek selanjutnya dari mengkonusumsi ikan Hiu ialah meningkatkan radikal bebas. Hal itu terjadi dengan adanya kandungan hidorgen peroksida yang ada ditubuh ikan hiu. Hidrogen peroksida sangat membahayakan.

Merusak Ekosistem Laut

Semakin banyak yang mengkonsumsi ikan hiu tentunya semakin berkurang eksistem laut,  Padahal ikan hiu memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut. Hewan juga termasuk hewan punak yang perlu kita jaga dan dilestariksan.

Menimbulkan Penyakit Alzheimar

Makan atau mengkonsumsi ikan hiu dapat berdampak terjadi penyakit neurodegenerative (penyakit penurunan otak) pada manusia seperti alzheimer. Karena ikan selain tingginya merkuri pada ikan hiu juga mengandung zat racun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Mengurangi Kesuburan Pria

Kandungan didalam ikan hiu mengandung merkuri yang dapat merusak sistem saraf pusat dan sistem kardiovaskular. Yang ternyata dapat berdampak mengurangi kesuburan pria.

Terima kasih telah mampir ke wesbite kami powerseaindonesia.org kami akan selalu berbagai informasi penting dunia laut yang bermanfaat untuk anda. Jangan lupa bagikan informasi ini keteman-teman anda melalui Facebook, Twitter, atau Sosial media lainnya